Abstract :
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh EWOM dan Kualitas
Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian melalui Sikap Konsumen. Ukuran
sampel pada penelitian ini sebanyak 97 responden. Teknik sampling yang
digunakan adalah Non Probability Sampling dengan Purposive Sampling. Analisis
Data menggunakan Analisis Statistik Deskriptif dan Analisis Inferensial yang
menggunakan metode SEM (Structural Equation Modelling) menggunakan
SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa EWOM (X1) berpengaruh
signifikan terhadap Sikap Konsumen (Z) dengan t-hitung sebesar 4,630 dan nilai
sig sebesar 0,000. Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh signifikan terhadap Sikap
Konsumen (Z) dengan t-hitung sebesar 8,098 dan nilai sig sebesar 0,000. EWOM
(X1) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan t- hitung
sebesar 2,423 dan nilai sig sebesar 0,016. Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh
signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan t-hitung sebesar 2,653 dan
nilai sig sebesar 0,014. Sikap Konsumen (Z) berpengaruh signifikan terhadap
Keputusan Pembelian (Y) dengan t-hitung sebesar 2,437 dan nilai sig sebesar
0,015. EWOM (X1) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y)
melalui Sikap Konsumen (Z) dengan t-hitung sebesar 2,250 dan nilai sig sebesar
0,025. Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan
Pembelian (Y) melalui Sikap Konsumen (Z) dengan t-hitung sebesar 2,249 dan
nilai sig sebesar 0,025.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa t-hitung > t-tabel
(1,65) dan nilai sig < 0,10. Saran untuk pihak Toko Dazzle adalah agar dapat memperhatikan EWOM
berupa mengontrol segala jenis informasi yang tersebar di internet yang berkaitan
dengan Toko Dazzle serta meningkatkan kualitas pelayanan dan mengelola sosial
media dari Toko Dazzle untuk menumbuhkan sikap konsumen yang positif sehingga
dapat membuat pengaruh terhadap Keputusan Pembelian pelanggan terhadap
Toko Dazzle.
Kata kunci : EWOM, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian dan Sikap konsumen