Abstract :
Tokopedia adalah salah satu mall online di Indonesia yang menjadi model
bisnis marketplace. Tokopedia menggunakan tagline #MulaiAjaDulu untuk
meningkatkan viewers bahwa sesuatu yang menjadi kenyataan, seseorang
harus mulai mencobanya. Rachel Vennya adalah celebrity endorser yang
memberikan pengaruh dalam perubahan perilaku audien. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari Iklan Tokopedia
#MulaiAjaDulu dan Kredibilitas celebrity endorser Rachel Vennya terhadap
Motivasi berwirausaha di Pedukuhan Geneng Panggungharjo Sewon Bantul.
Teori yang digunakan Teori Terpaan Media dan Teori Motivasi. Metode yang digunakan adalah Metode Kuantitatif dengan menyebar kuesioner kepada responden. Sampel penelitian 80 responden dari 155 remaja usia 17 sampai 23 tahun Pedukuhan Geneng Panggungharjo Sewon Bantul. Hasil perhitungan R square sebesar 0,559 atau 5,59%. Hasil korelasi product moment dinyatakan adanya hubungan positif iklan Tokopedia #MulaiAjaDulu terhadap Motivasi berwitausaha sebesar 0,678, sedangkan kredibilitas Celebrity Endorser Rachel Vennya terhadap motivasi berwirausaha sebesar 0,719. Teori pada penelitian ini dinyatakan teruji karena menunjukkan respon bahwa iklan Tokopedia #Mulaiajadulu dan kredibilitas celebrity endorser Rachel Vennya berperngaruh terhadap Motivasi Berwirausaha.
Kata kunci: Periklanan, Tokopedia #MulaiAjaDulu, Celebrity Endorser
Rachel Vennya, motivasi berwirausaha