Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Social
Responsibility terhadap nilai perusahaan, interaksi antara prosentase
kepemilikan manajemen dan Corporate Social Responsibility terhadap nilai
perusahaan, dan interaksi antara prosentase kepemilikan institusional dan
Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan.
Penelitian ini menggunakan data sekunder dan populasinya adalah
perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2008-
2010. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan
diperoleh 25 perusahaan sebagai anggota sampel. Metode analisis yang
digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil dari penelitian ini adalah: Corporate Social Responsibility
berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, prosentase kepemilikan
manajemen menguatkan pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap nilai
perusahaan, dan prosentase kepemilikan institusional tidak menguatkan pengaruh
Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci: Corporate Social Responsibility, nilai perusahaan, kepemilikan
manajemen, kepemilikan institusional.