Abstract :
Konsep tentang nilai nasabah,kepuasan nasabah dan loyalitas nasabah salling
berhubungan satu dengan lainya. Hubungan antara nilai nasabah dan loyalitas
dipengaruhi pula oleh karakteristik jasa dan pola pelayananya. Jika pembelian
merupakan suatu kegiatan rutin (habit) maka kemungkinan nasabah akan loyal
kepada merk / perusahaan. Penelitian ini menganalisis pola hubungan antara
variabel nilai dari kinerja atribut jasa, tingkat kepuasan dengan loyalitas nasabah
tabungan PT,BPR Profidana Paramitra. Data dikumpulkan secara kuisioner dari
100 nasabah tabungan dan di analisis dengan menggunakan regresi analisis jalur.
Hasil analisis menunjukan bahwa : nilai dari kinerja atribut jasa tabungan yang di
terima oleh nasabah berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap tingkat
kepuasan. Tingkat kepuasan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas
nasabah di PT.BPR Profidana Paramitra. Hal ini disebabkan oleh karena harapan
yang di inginkan nasabah dipenuhi oelh kinerja atribut, sehingga terjadi kepuasan
nasabah terhadap atribut yang ada. Variabel tingkat kepuasan merupakan variabel
mediator dan moderator bagi hubungan antara nilai dengan loyalitas. Faktor yang
berpengaruh terbesar (dominan) terhadap tingkat kepuasan adalah variabel
profesionalisme staff dalam melaksanakan tugasnya.
Kata Kunci : Nilai, Kepuasan, dan Loyalitas