Abstract :
Persaingan antar perusahaan saat ini semakin kompetitif dan variatif.
Kepercayaan terhadap merek akan menimbulkan loyalitas terhadap suatu merek,
loyalitas terhadap merek merupakan konsep yang penting pda kondisi persaingan
yang ketat saat ini. Dunia otomotif khususnya kendaraan Toyota Avanza saat ini
berkembang dengan pesat di indonesia. Hal ini ditandai dengan munculnya
berbagai tipe varian di pasaran yang diciptakan produsen dengan fasilitas dan
keunggulan yang ditawarkan. Berdasarkan fenomena maka peneliti bermaksud
untuk melakukan penelitian tentang Pengaruh Trust in a brand terhadap brand
loyalty pada pengguna kendaraan Toyota Avanza di Kabupaten Sleman,
Yogyakarta. Dan adapun Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui pengaruh
variabel karakteristik merek (brand characteristic), karakteristik perusahaan
(company characteristic), dan karakteristik konsumen-merek (consumer-brand
characteristic) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
merek (brand loyalty) pada konsumen pengguna kendaraan mobil Avanza. (2)
Untuk mengetahui pengaruh variabel karakteristik merek, karakteristik
perusahaan, dan karakteristik konsumen-merek secara parsial berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas merek (brand loyalty) pada konsumen pengguna
kendaraan mobil Avanza. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini
adalah penelitian survei. Populasi pengguna kendaraan mobil merek Toyota
Avanza di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel Non
Probability Sampling memakai Purposive sampling dan diujikan Analisis regresi
berganda.
Kata Kunci : Loyalitas Konsumen dan Kepuasan Konsumen.