Abstract :
Pada saat ini persaingan - persaingan perusahaan untuk merebut konsumen tidak
lagi terbatas pada atribut fungsional produk, seperti kegunaan suatu produk, melainkan
sudah dikaitkan dengan merek yang mampu memberikan citra khusus pada pemakainya.
Pada tingkat persaingan yang semakin kuat, merek turut memberikan kontribusi dalam
menciptakan daya saing pada sebuah produk. Merek adalah janji perusahaan untuk
secara konsisten memberikan feature, benefit, dan servis kepada pada konsumennya.
Merek yang prestisius dapat memiliki ekuitas merek yang kuat. Suatu produk dengan
ekuitas merek yang kuat dapat membentuk brand platform yang kuat dan mampu
mengembangkan keberadaan suatu merek dalam persaingan apapun dalam jangka
waktu yang lama. Hal ini dapat tercapai apabila perusahaan melakukan usaha-usaha
yang optimal dalam mengukur, memelihara, melindungi, dan menjaga ekuitas merek.
Jika hal ini dilakukan maka akan dapat dirasakan pengaruh dari ekuitas merek tersebut
terhadap pangsa pasarnya.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
ekuitas merek yang terdiri dari variabel kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi
kualitas dan loyalitas terhadap minat beli Konsumen Handphone Sony Ericsson di
Depok, Sleman, Yogyakarta, (2) Untuk mengetahui variabel dari ekuitas merek yang
berpengaruh dominan terhadap minat beli Konsumen Handphone Sony Ericsson di
Depok, Sleman, Yogyakarta.
Penelitian dilakukan kepada konsumen yang berminat membeli produk
handphone merek Sony Ericsson di Depok, Sleman, Yogyakarta. Data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah data primer. Metode pengolahan data dan analisis data
menggunakan analisis deskriptif, dan analisis kualitatif yaitu dengan menggunakan
teknik Partial Least Square (PLS).
Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Kesadaran merek (brand awareness),
asosiasi merek (brand asociation), persepsi kualitas (perceived quality), loyalitas merek
(brand loyality) berpengaruh terhadap minat beli Konsumen Handphone Sony Ericsson
di Depok, Sleman, Yogyakarta, (2) Persepsi kualitas merupakan variabel dari ekuitas
merek yang berpengaruh dominan terhadap minat beli Konsumen Handphone Sony
Ericsson di Depok, Sleman, Yogyakarta.
Kata kunci : Kesadaran merek (brand awareness), asosiasi merek (brand asociation),
persepsi kualitas (perceived quality), loyalitas merek (brand loyality), minat beli.