Abstract :
Yogyakarta adalah daerah tujuan wisata terbesar kedua setelah Bali di
Indonesia, hal ini juga dijelaskan dalam peta kepariwisataan nasional. Yogyakarta
sendiri termasuk salah satu ?lahan segar? bagi industri perhotelan yang ingin
membangun bisnis mereka di bidang industri perhotelan. Bidang industri
perhotelan yang saat ini tengah marak di Indonesia, khususnya di Yogyakarta,
kemudian juga ikut menarik minat bisnis dari PT. ARCS HOUSE (mulai
beroperasi pada tahun 2004) yang bergerak dibidang jasa perhotelan dengan
acuan hospitality dalam pelayanannya. Jambuluwuk Malioboro Boutique Hotel
Yogyakarta merupakan salah satu hotel yang dinaungi oleh PT. ARCS HOUSE
dalam perkembangannya. Sebagai hotel berbintang 4 yang baru muncul di tengah
masyarakat, tentunya banyaknya pesaing atau competitor, hal ini yang kemudian
menjadi perhatian khusus bagi Jambuluwuk Malioboro Boutique Hotel dalam
menjaga eksistensinya sebagai hotel baru. Dalam hal ini, strategi komunikasi
pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting, karena komunikasi
pemasaran dapat memfasilitasi hubungan saling menguntungkan antara
perusahaan dengan pelanggan. Dengan adanya strategi komunikasi pemasaran
yang dilakukan dengan baik maka dapat dipastikan kepuasan akan paska
pembelian atau penggunaan jasa mampu meningkatkan kemungkinan akan
pembelian atau penggunaan jasa berulang dan pelanggan tersebut akan menjadi
pelanggan yang loyal dan juga secara berkesinambungan akan kembali
menggunakan dan mengunjungi Jambuluwuk Malioboro Boutique Hotel. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara,
observasi, dan kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah Jambuluwuk
Malioboro Boutique Hotel menggunakan konsep bauran pemasaran dalam strategi
komunikasi pemasaran yang mana lebih menekankan pada kegiatan promosi.
Kegiatan promosi yang dilakukan antara lain adalah dengan penggunaan
periklanan, promosi penjualan, penjualan personal, dan penjualan langsung, yang
mana dalam pelaksanaannya tidak melibatkan kegiatan hubungan masyarakat
dikarenakan segala bentuk promosi untuk strategi komunikasi pemasaran lebih
mengedepankan kegiatan dari sales marketing. Dengan pelaksanaan promosi
dalam bauran pemasaran untuk strategi komunikasi pemasaran, diharapkan segala
kegiatan yang dilakukan bisa memberikan dampak positif bagi Jambuluwuk
Malioboro Boutique Hotel dalam meningkatkan jumlah pengunjung.