Abstract :
ABSTRAK
Hotel Bumi Senyiur merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang hospitaly industry yang berada
di Samarinda. Perusahaan jasa tidak hanya bersaing dalam jenis hotel, namun mereka juga bersaing dalam hal
harga, pelayanan, produk yang dijual untuk menarik konsumen dan menjaga loyalitas konsumen. Untuk alasan
inilah, Hotel Bumi Senyiur berusaha menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan minat
konsumen, sehingga permasalahan yang muncul adalah bagaimana strategi marketing public relations untuk
mempertahankan loyalitas pelanggan di tengah-tengah adanya persaingan. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi strategi marketing public relations yang
dilaksanakan oleh Sales & Marketing Department Hotel Bumi Senyiur dalam mempertahankan loyalitas
pelanggan. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dimana pengumpulan datanya menggunakan
wawancara, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini dilakukan di Hotel Bumi Senyiur yang berlokasi di jalan
Diponegoro no. 17-19 Samarinda, Kalimantan Timur. Subjek penelitian ini adalah General Manager, Sales &
Marketing, Human Resources Development dan beberapa pelanggan Hotel Bumi Senyiur. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa perencanaan dari strategi Marketing Public Relations Hotel Bumi Senyiur dibagi menjadi
dua,yaitu jangka pendek (briefing) dan jangka panjang (marketing plan). Pelaksanaan strategi Marketing Public
Relations Hotel Bumi Senyiur dalam mempertahankan loyalitas pelanggan dilakukan dengan melaksanakan
strategi public relations yaitu Customer Relations, Media Relations, Promotion Activity, HBS Commitment, dan
Marketing Tools. Hotel Bumi Senyiur melakukan evaluasi strategi dengan briefing yang dilakukan oleh divisi
Sales & Marketing. Implementasi dari pelaksanaan strategi marketing public relations yang dilaksanakan dan
didukung oleh analisis yang dilakukan hotel serta program Senyiur Seven Basic yang diterapkan kepada seluruh
karyawan cukup berhasil menanamkan kesan baik kepada pelanggan dan mempertahankan rasa loyal
konsumen terhadap Hotel Bumi Senyiur Samarinda.
Kata kunci : Strategi, Marketing Public Relations, Loyalitas.
ABSTRACT
Hotel Bumi Senyiur is one of the hospitaly industry companies in Samarinda. To get more customers and
satisfy them, hotels are offering the best price, service, products. Here, Hotel Bumi Senyiur offers the best
product for consumers needs and wants. The problem to solve is how the public relations in the marketing
strategy to keep the customers loyalty. The main purpose of this research is to find out the planning, the
implementation, and the evaluation of the public relations marketing strategy which in held by the marketing
departement. The methodology of this research is quantitative descriptive, where data is obtained by
interview, documentation, and observation. The observation took place in Hotel Bumi Senyiur located on
street Diponegoro No. 17-19 Samarinda, East Kalimantan. The subjects of this research are the General
Manager, Sales and Marketing, Human Resources Departement, and Customers. This research shows that
planning of Public Relations Marketing Strategy held by Hotel BumiSenyiur can be devided into two groups,
the briefing ang marketing plan. In order maintain the customer, the hotel has been doing the Public Relations
Marketing Strategies are Customer Relations, Media Relations, Promotion Activity, HBS Commitment, and
Marketing Tools. Hotel BumiSenyiur evaluates the Public Relations Marketing strategy by briefing, which is
conducted by Sales & Marketing division.Those strategies are implemented in the Senyiur Seven Basic program
which is applied to all employees. This program conducts good ef fect for the customers and it keeps customers
loyalty to the Hotel Bumi Senyiur.
Key word: strategy, Public Relations Marketing, Loyalty