Abstract :
ABSTRAK
Kota Sejuta Bunga merupakan brand image Kota Magelang yang baru yang diusung oleh Pemerintah
Kota Magelang. Kota Sejuta Bunga disosialisasikan kepada masyarakat lokal maupun masyarakat luas
dalam rangka mewujudkan visi Kota Magelang sebagai Kota Jasa yang maju, profesional, sejahtera,
mandiri, dan berkeadilan. Untuk itu dibutuhkan suatu program dari Pemerintah Kota yaitu program
?Ayo ke Magelang 2015? yang terangkai dalam Rencana 5 Tahun Pencapaian. Berdasarkan hal
tersebut, penelitian ini memiliki rumusan masalah: Bagaimana strategi public relations Pemerintah
Kota dalam membangun brand image Kota Magelang sebagai Kota Sejuta Bunga? Penelitian ini
memiliki tujuan untuk mengetahui strategi public relations Pemerintah Kota dalam membangun
brand image Kota Magelang sebagai Kota Sejuta Bunga dan untuk mengetahui sejauh mana
keberhasilan Pemerintah Kota Magelang dalam membangun brand image Kota Magelang sebagai
Kota Sejuta Bunga yang diharapkan mampu memberikan bahan rujukan untuk menentukan
kebijakan serta evaluasi dari Pemerintah Kota Magelang. Dalam membangun brand image Kota
Magelang peneliti mengidentifikasi dengan menggunakan strategi public relations yang terdiri dari
Research and Listening, Planning and Desicion, Communication and Action, dan Evaluation.Metode
yang digunakan penulis yaitu metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui
wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan keberhasilan Pemerintah
Kota Magelang dalam membangun brand image Kota Magelang bisa dikatakan cukup berhasil. Hal
ini ditandai dengan semakin indah dan tertatanya fisik Kota Magelang dan cukup besarnya animo
masyarakat yang mengikuti event exhibition yang diadakan Pemerintah Kota Magelang.
ABSTRACT
Kota Sejuta Bunga is the new brand image of Magelang City promoted by the Government of
Magelang. Kota Sejuta Bunga socialized to the local community and society in order to objectify the
vision of the city as a city with advanced, services, professional, prosperous, independent, and
fairness. For that reason, it requires a structured program in ?5 Year Plan for Achievement?. Based
on the things mentioned above, this study has the formulation of the problems: How do the
Government of Magelang City public relations strategy build the brand image of Magelang City as a
Kota Sejuta Bunga. The purpose of this study is to know the government?s public relations strategy in
building brand images of the city as Kota Sejuta Bunga and to observe the extent of succes of local
government within building Magelang City brand images as Kota Sejuta Bunga whom expected to be
able to provide reference material to determine policies and evaluation of local government. In
studying of building the brand image of Magelang City, resercher identify it by using public relations
strategy which consists of Research and Listening, Planning and Desicion, Communication and
Actions, and Evaluation. The method that it used is descriptive qualitative method, with the
technique of collecting data though interviews, observation, and literature. The result of this study
shows the effort of local government can be mentioned as quite successful. It is marked by the
beautiful and well-organized physical of Magelang city and the considerable amount of public
interest in the event exhibiton held by the government of Magelang City.