Abstract :
ABSTRAK
Jumlah penderita diabetes yang meningkat menyebabkan persaingan yang meningkat diantara dua
perusahaan penyedia gula rendah kalori yaitu Nutrifood dengan produk Tropicana Slim dan Kalbe
dengan produk Nulife dan Diabetasol. Kalbe telah memiliki akses ke apotek-apotek yang
memungkinkan produknya lebih mudah masuk pasaran. Namun dari survei, merek Tropicana Slim
lebih unggul dibandingkan Diabetasol dan Nulife. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi
branding produk Tropicana Slim bagi penderita diabetes. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Analisis dilakukan dengan reduksi, display data dan kesimpulan. Validitas data menggunakan
triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi branding produk Tropicana Slim
dilakukan oleh marketing dan humas dengan cara perencanaan, implementasi dan evaluasi.
Perencanaan meliputi identifikasi target konsumen, menentukan tujuan komunikasi, merancang
komunikasi, memilih saluran komunikasi, menetapkan total anggaran, dan memutuskan bauran
komunikasi pemasaran (marketing mix). Implementasi meliputi iklan, potongan harga, hadiah
langsung, loyalty program, mengadakan kegiatan sosial dan menyediakan situs online bagi
konsumen, kemudian dilakukan evaluasi. Strategi tersebut terhambat pada keterbatasan jumlah
SDM, semua kegiatan dilakukan pihak Nutrifood; minimnya segmen pasar tradisional; dan ketatnya
persaingan dengan produk sejenis sehingga harus selalu memunculkan terobosan-terobosan baru.
Faktor pendukungnya antara lain tersedianya dana, SDM yang berkualitas dan saluran komunikasi
yang lengkap.
Kata kunci: merek, tropicana slim, diabetes.
ABSTRACT
The number of diabetics is increasing causing increased competition between the two companies is
a low-calorie sugar providers Nutrifood with Tropicana Slim and Kalbe products with Nulife products
and Diabetasol. Kalbe has had access to pharmacies that allow their products more easily enter the
market. However, from the survey, Tropicana Slim brand is superior compared Diabetasol and
Nulife. This study aims to determine the Tropicana Slim product branding strategy for diabetics. This
research is a descriptive qualitative research. Data was collected through interviews, observation,
and documentation. The analysis was performed by reduction, data display and conclusion. The
validity of using triangulation of data sources. The results showed that the product branding strategy
Tropicana Slim is done by marketing and public relations by way of planning, implementation and
evaluation. Planning involves identifying target consumers, defining the purpose of communication,
communication design, choose the communication channel, set the total budget, and decide the
marketing communications mix (marketing mix). Implementation includes advertising, discounts,
direct gifts, loyalty program, organized social activities and providing online site for consumers, then
an evaluation. The strategy is constrained to a limited number of human resources, all of the
activities carried out by the Nutrifood; lack of traditional market segments; and intense competition
with similar products that must always bring new breakthroughs. Supporting factors, among others,
the availability of funds, qualified human resources and communication channels are complete.
Keywords: brand, tropicana slim, diabetes