Abstract :
Ketatnya persaingan bisnis antar perusahaan membuat perusahaan
yang ingin tetap berkembang dan mendapatkan keunggulan kompetitif harus
bisa bersaing dengan para kompetitornya. Salah satu cara untuk
memenangkan persaingan adalah dengan promosi. Promosi dilakukan dengan
media periklanan yang menggunakan celebrity endorser untuk mendukung
kampanye iklan melalui media elektronik. Dengan menggunakan banyak
selebriti sebagai celebrity endorser, diharapkan dapat membangun brand
association sehingga membuat konsumen selalu mengingat merek Clear
kapanpun dan dimanapun. Asosiasi merek yang dibentuk melalui brand
personality dari produk Clear sebagai produk shampoo anti ketombe yang
inspiratif sehingga diharapkan dapat mempengaruhi minat beli konsumen dan
membangun kesamaan produk dengan diri konsumen.
Apakah celebrity endorser, brand association, brand personality,
product characteristics berpengaruh secara signifikan terhadap niat pembelian
konsumen?
Obyek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
konsumen yang pernah melihat iklan shampoo Clear. Teknik penentuan
sampelnya menggunakan purposive sampling. Purposive sampling yaitu
teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan yaitu konsumen yang
melihat iklan shampoo Clear dan menggunakan shampoo Clear
Celebrity endorser mempunyai pengaruh tidak signifikan terhadap niat
pembelian konsumen pengguna shampoo Clear. Sedangkan brand
association, brand personality, dan product characteristics mempunyai
pengaruh signifikan terhadap niat pembelian konsumen pengguna shampoo
Clear.
Keyword : celebrity endorser, brand association, brand personality, product
characteristics, niat pembelian.