Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manfaat, kemudahan
dan kepercayaan terhadap Niat berperilaku pada pembelian online tiket pesawat.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang
pernah melakukan pembelian tiket pesawat secara online di Yogyakarta. Sampel
yang diambil dalam penelitian ini adalah sebagian dari konsumen tersebut yaitu
sebanyak 100 responden yang dianggap telah cukup mewakili populasi yang
diteliti. Teknik penarikan sampel menggunakan metode Accidental Sampling
yaitu pemilihan sekelompok subyek berdasarkan atas kemudahan yaitu yang
secara kebetulan bertemu dengan peneliti. Model analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Analisis Deskriptif, dan Analisis Kuantitatif dengan model
Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara serentak persepsi manfaat,
kemudahan dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap niat berperilaku
dalam pembelian tiket pesawat secara online. Hasil pengujian secara parsial juga
menemukan bahwa persepsi manfaat, kemudahan dan kepercayaan berpengaruh
signifikan terhadap niat beli konsumen pada tiket pesawat terbang secara online
Kata Kunci : Manfaat, Kemudahan, Kepercayaan dan Niat berperilaku