Abstract :
Nilai pelanggan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi konsumen
dalam menentukan pilihan barang. Konsumen akan memperkirakan penawaran mana
yang akan memberikan nilai yang tertinggi bagi mereka dan mereka menginginkan nilai
yang maksimal. Penelitian ini mencoba menganalisis pengaruh nilai pelanggan dan
lingkungan budaya terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan uji terhadap
100 orang pelanggan distro yang berdomisili di Sleman-DIY. Pengujian ini menggunakan
analisis regresi linear berganda dan secara parsial. Hasil analisis regresi linear berganda
menunjukan bahwa nilai pelanggan dan lingkungan budaya secara bersama-sama
berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan hasil dari analisis parsial
menunjukan bahwa keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian, namun pada lingkungan budaya berpengaruh negatif dan tidak
signifikan terhadap keputusan pembelian para pelanggan distro yang berdomisili di
Sleman-DIY.
Keyword: nilai pelanggan, lingkungan budaya, keputusan pembelian.