Abstract :
Kontribusi dan harmonisasi antara perusahaan dan masyarakat akan
menentukan keberhasilan pembangunan nasional. Komitmen perusahaan dalam
kontribusi dalam pembangunan bangsa dengan memperhatikan aspek ekonomi,
sosial dan lingkungan itulah yang menjadi isu utama dari konsep Corporate
Social Responsibility (CSR) atau tanggungjawab sosial perusahaan.
Tugas pokok Bank Indonesia yaitu menetapkan dan melaksanakan
kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran,
mengatur dan mengawasi bank. Disamping tugas-tugas pokok tersebut, BI tetap
peduli pada lingkungan sekitar. Artinya, BI memiliki kepekaan terhadap apa yang
sedang terjadi di sekitarnya. Kepedulian tersebut diwujudkan dengan kegiatan
yang dinamai Bank Indonesia Social Responsibility (BSR).
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dampak program Bank Indonesia
Social Responsibility (BSR) terhadap perkembangan UMKM di dusun Manding
dari aspek ekonomi dengan pendekatan pada pendapatan, jumlah tenaga kerja,
produksi dan pemasaran.
Penelitian ini menggunakan data cross section dan menggunakan metode
purposive sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria yang
diinginkan peneliti. Yang menjadi populasi adalah seluruh pengrajin dan toko di
sentra industri kulit Manding yang berjumlah 37. Terdiri dari 14 pengrajin kulit
manding dan 23 toko/showroom.Lokasi penelitian ini yaitu di Dusun Manding,
Desa Sabdodadi, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa
Yogyakarta.
Analisis dua sampel berpasangan menunjukkan ada perbedaan yang nyata
pada pendapatan kotor, pendapatan bersih, biaya produksi dan biaya pemasaran
pengrajin (p<0,1) dan pendapatan kotor, pendapatan bersih dan tenaga kerja toko
kulit di Manding (p<0,1).
Secara keseluruhan program Bank Indonesia Social Responsibility (BSR)
meliputi 4 aspek berdampak positif terhadap UMKM. Pada aspek ekonomi yaitu
pada pembuatan kios, pembuatan baliho, pembuatan papan penunjuk arah,
pembuatan ATM, pembuatan lapangan parkir, pelatihan manajemen usaha dan
pameran berdampak positif bagi peningkatan kinerja pelaku UMKM di dusun
Manding yaitu pengrajin dan toko/showroom kulit.
Kata kunci : BSR, pendapatan, produksi, tenaga kerja, pemasaran, pengrajin, toko
Contributions and harmonization between the company and the
community will determine the success of national development. The company's
commitment in contributions in nation-building by taking into account the
economic, social and environment that is the mainissue of the concept of
Corporate Social Responsibility (CSR).
The principal tasks of Bank Indonesia is to formulate and implement
monetary policy, regulate and maintain the smooth payment system, regulate and
supervise banks. Besides these basic tasks, BI remains concerned about the
environment. That is, BI has asensitivity to what is going on around him. Concern
was expressedby the activities of the named Bank Indonesia Social Responsibility
(BSR).
This study aims to measure the impact of Bank Indonesia Social
Responsibility (BSR) programme on the development of SMEs in the village of
Manding from economic aspects on the income approach, the amount of labor,
production and marketing.
This study uses a cross section and using the purposive sampling method,
sampling is based on the desired criteria of researchers. The number population
is 37 around craftsmen and shop in the center of the leather industry. Consisting
of 14 and 23Manding leather shop / showroom. This study site in Manding,
Sabdodadi Village, Bantul district,Yogyakarta Special Province.
Analysis of two paired samples showed difference in gross revenue, net
revenue, cost of production and marketing cost from craftmen (p<0.1) and gross
revenues, net income and employment in the leather shop Manding (p<0.1).
Bank Indonesia Social Responsibility (BSR) programme covers four
aspects of a positive impact on SMEs. On the economic aspects of the
manufacture of kiosks, making billboards, the boardmaking a direction, making
an ATM, making the parking lot,business management training and exhibits a
positive impact on improved performance of SMEs in craftsmen, and leather shop
Manding.
Key words : BSR, income, production, labor, marketing, craftsmen, shop