Abstract :
Perusahaan yang berhasil akan memanfaatkan kompetensi inti untuk memuaskan
kebutuhan konsumen. Daya saing strategis dan profitabilitas tinggi dicapai apabila tindakan
strategis perusahaan selalu berfokus pada pelanggan sehingga dapat memberikan dampak yang
besar pada kinerja perusahaan. Kemampuan perusahaan dalam meraih daya saing strategis dan
tingkat profitabilitas yang tinggi sangat bergantung pada kemampuan perusahaan dalam
merancang strategi diferensiasinya. Demikian juga UKM Adi Aquarium melakukan strategi
diferensiasi dalam rangka memberikan kepuasan kepada konsumen dan mencapai keunggulan
bersaing.
Hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode regresi berganda dan
berpengaruh secara parsial terhadap UKM Adi Aquarium, yang berlokasi di pasar Wonokriyo
Blok D 21, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, provinsi Jawa Tengah menunjukkan
bahwa kepuasan Pelanggan dapat dipengaruhi oleh variabel diferensiasi tawaran Produk,
diferensiasi Pelayanan dan diferensiasi citra. Hasil analisis dengan menggunakan taraf nyata 5%
menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut, baik secara bersama-sama maupun secara parsial,
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Kata kunci : kepuasan konsumen dan keunggulan bersaing, diferensiasi tawaran jasa,
diferensiasi layanan atau penyerahan jasa, dan diferensiasi citra