DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR ANAK SELAMA DI RUMAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS WIDYA HUSADA SEMARANG
Author
WAHKIDI, LILIS
Subject
RJ Pediatrics 
Datestamp
2023-01-31 02:14:20 
Abstract :
Latar Belakang : Pendidikan dasar adalah jenjang pendidikan pada jalur pendidikan formal yang melandasi jenjang pendidikan menengah, yang diselenggarakan pada satuan pendidikan berbentuk sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah atau bentuk lain yang sederajat. Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar merupakan anak dengan kategori banyak mengalami perubahan yang sangat drastis baik mental maupun fisik. Self Management merupakan suatu kemampuan yang berkenaan dengan keadaan diri sendiri dan keterampilan dimana individu dapat mengelola dan mengatur diri untuk pengarahan perubahan tingkah lakunya sendiri untuk belajar dengan memanipulasi stimulus dan respon baik internal maupun eksternal. Tujuan : Untuk mengetahui penerapan teknik self management pada sistem kedisiplinan belajar anak baik selama dirumah ataupun disekolah Metode Penelitian : Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan angket sebagai teknik pengumpulan data. Jumlah subjek 4 orang dengan kriteria inklusinya adalah anak usia 7-10 tahun, orang tua mengijinkan anak sebagai responden, anak dalam kondisi sehat dan kooperatif, lalu kriteria ekslusinya adalah anak yang tidak hadir dalam pertemuan yang telah dijadwalkan oleh peneliti. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan SOP dengan analisa ujinya Univariat. Hasil : didapatkan hasil pada self management yang mengalami peningkatan 2 orang, dari cukup baik menjadi baik terdapat 1 orang, dan ada yang mengalami penurunan 1 orang. Pada kedisiplinan belajar anak didapati hasil meningkat 2 orang, dan ada juga yang mengalami penurunan 2 orang. Kesimpulan : self management yang mengalami peningkatan dari kurang baik menjadi baik terdapat 2, dari cukup baik menjadi baik terdapat 1 orang namun juga ada yang mengalami penurunan dari sangat baik menjadi baik terdapat 1 orang. Pada kedisiplinan belajar anak didapati hasil meningkat dari cukup baik menjadi baik 2 orang, dan ada juga yang mengalami penurunan dari cukup baik menjadi baik terdapat 2 orang 
Institution Info

UNIVERSITAS WIDYA HUSADA SEMARANG