Abstract :
ABSTRAK
Wulan Riski
HUBUNGAN CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT
INAP DEWASA DI RUMAH SAKIT CHARLIE HOSPITAL KENDAL
Xv +109 Hal + 8 Tabel + 2 Gambar + 14 Lampiran
Latar Belakang: Kepuasan pasien merupakan hasil penilaian dari pasien terhadap
pelayanan kesehatan apa yang diharapkan sesuai dengan pelayanan yang didapat dengan
keinginan kebutuhan dan harapan. Faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien salah
satunya adalah sikap caring perawat dalam memberikan pelayanan kepada pasien.
Caring merupakan sikap atau perilaku penuh perhatian dan peduli yang diberikan
seseorang, Perilaku caring perawat penting dalam memenuhi kepuasan pasien, hal ini
salah satu faktor indikator kualitas pelayanan. Perawat menjadi salah satu faktor penentu
dalam memenuhi kepuasan pasien dirumah sakit.
Metode Penelitian: Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif, dengan menggunakan
pendekatan cross sectional. Responden penelitian berjumlah 63 orang yang diambil
dengan tehnik Purposive Sampling. Kuesioner yang digunakan untuk caring perawat
adalah CPS (Caring professional scale) dan kuesioner kepuasan pasien menggunakan
alat ukur kepuasan pasien. Tehnik analisa data yang digunakan menggunakan uji Rank
Spearman.
Hasil: Hasil uji statistik rank spearman didapatkan nilai keeratan hubungan sebesar 0.818
dengan nilai p-value 0.000 (p? 0,05) menunjukan bahwa ada hubungan caring perawat
dengan kepuasan pasien dewasa Rawat Inap di Rumah Sakit Charlie Hospital Kendal.