Abstract :
Latar belakang: Bullying merupakan Kegiatan yang dilakukan secara berulang ?
ulang dari seorang siswa atau kelompok siswa yang memiliki kekuasaan.
Berdasarkan hasil pendahuluan yang telah peneliti lakukan pada tanggal 20
Februari 2020 dengan wawancara guru bimbingan konseling (BK) SMP N 1 Bulu
Kabupaten Rembang, 5 dari 10 siswa-siswi pernah mengalami tindakan bullying
yaitu bullying secara fisik ada 10 anak seperti dipukul, didorong, dicubit dan
bullying secara lisan ada 20 seperti diejek dan dihina bahkan diejek dengan
menyebut nama orang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan tindakan
bullying dengan prestasi belajar anak korban bullying di SMP N 1 Bulu
Kabupaten Rembang
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan cross
sectional. Tehnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan
responden 30 orang. Uji statistik yang digunakan yaitu uji non parametrik Rank
Spearman
Hasil: Dalam penelitian ini diperoleh hasil analisis uji non parametrik rank
spearman p value=0,000 yang berarti terdapat hubungan tindakan bullying dengan
prestasi belajar anak korban bullying di SMP N 1 Bulu Kabupaten Rembang