DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH DALAM METODE STUDY FROM HOME (SFH) SELAMA PANDEMI COVID-19
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS WIDYA HUSADA SEMARANG
Author
WULANDARI, MAYA
Subject
RJ Pediatrics 
Datestamp
2022-04-18 03:32:26 
Abstract :
Latar Belakang : Peneliti mendapatkan bahwa anak mengalami kesulitan dalam memahami pelajran secara mandiri karena tidak ada pendampingan dari guru dan anak krang mendapat dukungan dari orang tua. Pada anak yang belajar dengan metode Study From Home (SFH) motivasi belajar anak kurang baik dilihat dari perilaku, anak mulai malas mengikuti kegiatan belajar dirumah dan anak tidak segera mengerjakan tugas sekolahnya maka anak memerlukan motivasi ekstrinsik atau dorongan untuk melakukan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dukungan orang tua dengan motivasi belajar anak usia sekolah. Metode Penelitian : Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan non eskperimen, dengan desain cross sectional. Responden penelitian terdiri dari 43 siswa SD Kelurahan Trisobo yang diambil menggunakan teknik stratified random sampling. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 25 - 27 Juni 2021 di Kelurahan Trisobo dengan menggunakan instrumen kuesioner. Metode analisis uji yang digunakan adalah Rank Spearman. Hasil : Ada hubungan dukungan orang tua dengan motivasi belajar anak usia sekolah dalam metode study from home (SFH) selama pandemi covid-19. Hasil analisis dengan uji korelasi Rank Spearman didapatkan p value = 0,000 berarti p value <0,05. Nilai koefisien korelasi atau nilai r = 0,533 menunjukkan keeratan sedang ke arah positif, berarti semakin tinggi dukungan orang tua maka semakin tinggi motivasi belajar anak usia sekolah. Kesimpulan : Dari hasil yang didapatkan, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar anak usia sekolah dalam metode study from home (SFH) selama pandemi covid-19. 

Institution Info

UNIVERSITAS WIDYA HUSADA SEMARANG