Abstract :
Latar Belakang:Pada akhir masa kuliah mahasiswa diwajibkan untuk menyusun Karya Tulis Ilmiah. KTI merupakan hasil dari pengamatan mahasiswa setelahmelaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Beberapa mahasiswa mengalami kesulitan dalam menyusun KTI sehingga menimbulkan perasaan cemas pada setiap individu. Kecemasan yang tidak ditangani dengan baik akan berdampak buruk bagi mahasiswa. Salah satu cara untuk mengurangi kecemasan pada mahasiswa yaitu dengan penerapan terapi hipnosis lima jari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pemberian terapi hipnosis lima jari untuk menurunan kecemasan mahasiswa DIII Keperawatan Universitas Widya Husada Semarang.
Metode Penelitian: Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yang menggambarkan studi kasus dengan menggunakan teknik pretest posttest. Subjek pada penelitian yaitu dua mahasiswa keperawatan tingkat akhir yang mengalami kecemasan ringan hingga sedang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kuesioner skala kecemasan HRS-A (Hamilton Rating Scale Anxiety) dan standar prosedur terapi hipnosis lima jari. Penelitian dilakukan pada tanggal 9 April- 11 April 2021. Hipnosis lima jari dilaksanakan dua kali dalam 1 hari selama kurang lebih 15 menit.
Hasil:Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan skala kecemasan, pada subjek I terjadi penurunan dari skor 20 (Kecemasan Ringan) menjadi 10 (Tidak Ada Kecemasan) sementara subjek II terjadi penurunan dari skor 25 (Kecemasan Sedang) menjadi 12 (Tidak Ada Kecemasan). Penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian terapi hipnosis lima jari dapat menurunkan kecemasan pada mahasiswa dalam menyusun karya tulis ilmiah.
Kesimpulan: Ada pengaruh terapi hipnosis lima jari untuk mengurangi kecemasan pada mahasiswa dalam menyusun karya tulis ilmiah..
Kata