DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN SOFT SKILL PERAWAT DENGAN KUALITAS PELAYANAN DI RUANG BAITUL IZZAH I RSI SULTAN AGUNG SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS WIDYA HUSADA SEMARANG
Author
Kholifah, Nunung
Subject
RT Nursing 
Datestamp
2023-01-31 07:25:42 
Abstract :
Latar Belakang : Perawat yang profesional dan berkualitas harus memiliki ketrampilan hard skill dan soft skill, karena kesuksesan seseorang dalam dunia kerja dipengaruhi oleh soft skill (80%) dan hard skill (20%). Penilaian pasien mengenai soft skill perawat adalah indikator dari kualitas pelayanan keperawatan. kualitas pelayanan keperawatan tercermin dari pelaksanaan asuhan keperawatan yang professional. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Jumlah responden sebanyak 80 responden dari total populasi 100 orang dengan tehnik stratified random sampling. Data diolah menggunakan uji statistic spearman-rank. Telah dilakukan uji etik di RSI Sultan Agung Semarang. Hasil Penelitian : Soft skill perawat yang baik sebagian besar mempunyai kualitas pelayanan yang bagus sebanyak 49 (98,0%). Soft skill perawat yang cukup sebagian besar mempunyai kualitas pelayanan yang cukup sebanyak 25 (89,3%). Soft skill perawat yang kurang sebagian besar mempunyai kualitas pelayanan yang cukup sebanyak 2 (100,0%). Hasil uji spearman-rank diperoleh nilai p 0,049 (p< 0,05). Simpulan : Ada hubungan soft skill perawat dengan kualitas pelayanan di Ruang Baitul Izzah I RSI Sultan Agung Semarang. 
Institution Info

UNIVERSITAS WIDYA HUSADA SEMARANG