Abstract :
Latar Belakang : Perawat yang profesional dan berkualitas harus memiliki
ketrampilan hard skill dan soft skill, karena kesuksesan seseorang dalam dunia
kerja dipengaruhi oleh soft skill (80%) dan hard skill (20%). Penilaian pasien
mengenai soft skill perawat adalah indikator dari kualitas pelayanan keperawatan.
kualitas pelayanan keperawatan tercermin dari pelaksanaan asuhan keperawatan
yang professional.
Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner.
Jumlah responden sebanyak 80 responden dari total populasi 100 orang dengan
tehnik stratified random sampling. Data diolah menggunakan uji statistic
spearman-rank. Telah dilakukan uji etik di RSI Sultan Agung Semarang.
Hasil Penelitian : Soft skill perawat yang baik sebagian besar mempunyai
kualitas pelayanan yang bagus sebanyak 49 (98,0%). Soft skill perawat yang
cukup sebagian besar mempunyai kualitas pelayanan yang cukup sebanyak 25
(89,3%). Soft skill perawat yang kurang sebagian besar mempunyai kualitas
pelayanan yang cukup sebanyak 2 (100,0%). Hasil uji spearman-rank diperoleh
nilai p 0,049 (p< 0,05).
Simpulan : Ada hubungan soft skill perawat dengan kualitas
pelayanan di Ruang Baitul Izzah I RSI Sultan Agung Semarang.