DETAIL DOCUMENT
PENGARUH TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP TINGKAT PERKEMBANGAN SOSIAL PADA ANAK RETARDASI MENTAL DI SLB N KABUPATEN REMBANG
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS WIDYA HUSADA SEMARANG
Author
Akhiriyanto, Ardha Yuniar
Subject
RJ101 Child Health. Child health services 
Datestamp
2023-01-27 04:09:16 
Abstract :
Latar Belakang : retardasi mental adalah suatu keadaan perkembangan mental yang berhenti atau tidak lengkap, yang terutama ditandai oleh adanya keterbatasan keterampilan selama masa perkembangan, sehingga berpengaruh pada semua tingkat intelegensia yaitu kemampuan kognitif, bahasa, motorik dan sosial. Sebagai anggota masyarakat anak retardasi mental tidak mampu mandiri, tidak dapat melakukan komunikasi dua arah dengan teman sebaya, hal ini disebabkan oleh kemampuan sosialisasi anak retardasi mental tidak berkembang secara optimal. Maka dari itu di perlukan sebuah terapi yang dapat meningkatkan perkembangan sosial anak retardasi mental, slaah satunya adalah dengan terapi bermain puzzle yang di lakukan secara berkelompok untuk menstimulus interaksi sosial anak retardasi mental. Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh terapi bermain puzzle terhadap tingkat perkembangan sosial pada anak retardasi mental di SLB N Kabupaten Rembang. Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimental. Desain penelitian menggunakan one-group pre-test post-test design. Jumlah populasi responden yaitu 34 responden. Cara pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan intervensi. Hasil : Mengetahui perbedaan tingkat perkembangan sosial pada anak retardasi mental sebelum dan setelah diberikan terapi bermain puzzle menggunakan uji Wilcoxon dengan hasil p value 0,011 (? 0,05%) dan nilai Z hitung -2,556 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan : Ada pengaruh terapi bermain puzzle terhadap tingkat perkembangan sosial pada anak retardasi mental di SLB Kabupaten Rembang. 
Institution Info

UNIVERSITAS WIDYA HUSADA SEMARANG