DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PERMAINAN PUZZLE TERHADAP KECERDASAN VISUAL SPASIAL PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PERTIWI SURODADI JEPARA
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS WIDYA HUSADA SEMARANG
Author
Danu F, Danang
Subject
RT Nursing 
Datestamp
2023-01-30 01:56:49 
Abstract :
Latar Belakang : Kecerdasan visual spasial bagi anak sangat penting. Amstrong berpendapat bahwa visual spasial merupakan kemampuan untuk memvisualisasikan gambar di dalam pikiran seseorang. Puzzle merupakan permainan yang membutuhkan kesabaran dan ketekunan anak dalam merangkainya. Puzzle merupakan kepingan tipis yang terdiri dari 2-3 bahkan 4-6 potongan terbuat dari kayu atau lempengan karton. Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Pertiwi Surodadi Jepara. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimental dengan menggunakan pre test-post test design. Populasi dalam peneliti ini adalah anak TK Pertiwi Surodadi Jepara berjumlah 32 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa TK Pertiwi Surodadi Jepara sejumlah 30 siswa dengan teknik pengambilan sample mengunakan Purposive Sampling. Uji statistik yang digunakan adalah uji Paired samples test Hasil Penelitian :Didapatkan hasil bahwa ada pengaruh permainan puzzle terhadap kecerdasan visual spasial pada anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi Surodadi Jepara dengan hasil p-value lebih kecil dari nilai alpha (0,000<0.05). Kesimpulan: Ada pengaruh permainan puzzle terhadap tingkat kecerdasan visual spasial anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi Surodadi Jepara. 
Institution Info

UNIVERSITAS WIDYA HUSADA SEMARANG