Abstract :
Penelitian ini dilakukan pada produk furniture dengan menggunakan metode kansei engineering. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui citra atau harapan konsumen akan produk furniture yang berupa sofa dan meja melalui pendekatan emosional dan psikologis, sehingga dapat dilakukan perancangan dan pengembangan produk furniture yang sesuai dengan citra dan harapan mereka. Metode Kansei Engineering digunakan untuk memformulasikan rancangan produk furniture berdasarkan perasaan psikologis konsumen yang tercermin melalui kata kansei. Kuesioner yang digunakan pada metode Kansei Engineering ini adalah kuesioner elemen desain dan kuesioner semantic differential. Elemen desain pada penelitian ini yang diperoleh dari hasil pemikiran peneliti dan konsumen yang berpedoman dengan Kansei Word. Pengambilan data dilakukan terhadap semua konsumen furniture yang akan dirancang. Hasil penelitian mendapatkan 14 kata kansei yang terpilih yaitu praktis, halus, modern, berwarna, fitur, menarik, ergonomis, kasual, ramai, nyaman, inovatif, awet, empuk, multifungsi.