Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran
Team Games Tournament (TGT) dalam keterampilan menulis teks berita pada
peserta didik kelas VIII SMP Kesatrian 1 Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023.
Desain penelitian ini adalah eksperimen murni (true experimental) dengan model
randomized posttest only control group design. Pengumpulan data dilakukan
dengan teknik tes dan nontes (observasi dan dokumentasi). Analisis data yang
dilakukan adalah uji normalitas, uji homogenitas data, dan uji hipotesis
menggunakan rumus uji t. Hasil analisis data pada penelitian ini disajikan dalam
bentuk deskripsi kuantitatif. Setelah data dianalisis menggunakan teknik analisis
data kuantitatif, kemudian dilakukan interpretasi hasil tes statistik. Berdasarkan
hasil hitung uji hipotesis kelas eksperimen memperoleh nilai 0,003 < 0,05 dengan
taraf nyata (?) 5%, sehingga Ha diterima dan menunjukkan bahwa metode
pembelajaran Team Games Tournament (TGT) efektif digunakan dalam
pembelajaran keterampilan menulis teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP
Kesatrian 1 Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Selain itu, hasil nontes
menunjukkan bahwa peserta didik antusias, aktif, dan bertanggungjawab selama
mengikuti kegiatan pembelajaran.
Kata kunci: team games tournament, keefektifan, teks berita