DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN PERMAINAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (STUDI DESKRIPTIF TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 ROWOSARI KABUP
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
SETIYOWATI, ARI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 06:25:04 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran masih terlihat siswa yang jarang terlibat dalam kegiatan pembelajaran secara optimal. Kegiatan pembelajaran didominasi guru dalam penyampaian materi pembelajaran dengan media seadanya. Hal ini mengakibatkan pembelajaran kurang maksimal sehingga pemahaman siswa tentang materi sub bab 6 Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai satu kesatuan belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together dengan Permainan Index Card Match terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi materi sub bab 6 Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai satu kesatuan di SMP Negeri 1 Rowosari. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi eksperimen dengan melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Permainan Index Card Match dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional (ceramah). Desain penelitian menggunakan The Matching Only Pretest-Posttest control group design. Populasinya adalah seluruh kelas VIII yang berjumlah lima kelas. Sampel yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yakni kelas VIII B (kelas kontrol) dan kelas VIII D (kelas eksperimen). Berdasakan hasil penelitian yang telah dilakukan, nilai rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model Numbered Heads Together (NHT) dengan Permainan Index Card Match lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional (ceramah), hal ini terlihat pada hasil tingkat persentase ketercapaian skor siswa di kelompok eksperimen sebelum pembelajaran adalah 21,88%. Setelah mereka diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dengan permainan Index Card Match, tingkat persentase ketercapian skor siswa meningkat sebesar 65,62%. Adapun tingkat persentase ketercapaian skor siswa kelompok kontrol model konvensional sebesar 18,75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan persentase ketercapaian skor siswa kelompok eksperimen yang mendapat model Numbered Head Together dengan permainan Index Card Match lebih tinggi dibandingkan ketercapaian peningkatan persentase ketercapaian skor kelompok kontrol yang mendapat pembelajaran secara konvensional. Kata Kunci: Model pembelajaran, Numbered Heads Together, Index Card Match, hasil belajar. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang