DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTU MEDIA BAPER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN KELAS II SD NEGERI 1 TEGOWANU KULON
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
PUTRI, INEZ DENISYA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 06:26:35 
Abstract :
INEZ DENISYA PUTRI. NPM 19120084. ?Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing berbantu Media BAPER Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Kelas II SD Negeri 1 Tegowanu Kulon?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Ervina Eka Subekti S.Si., M.Pd. Pembimbing II Qoriati Mushafanah S.Pd, M.Pd. 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi perkalian. Hal tersebut disebabkan kurangnya pembelajaran yang efektif serta model dan media pembelajaran yang kurang bervariasi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Snowball Throwing berbantu media BAPER berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas II SD Negeri 1 Tegowanu Kulon?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarn Snowball Throwing berbantu media BAPER dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian kelas II SD Negeri 1 Tegowanu Kulon. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Pre-Experimental Design, karena penelitian ini dirancang hanya meliputi satu kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri 1 Tegowanu Kulon. Sampel Penelitian ini yaitu siswa kelas II SD Negeri 1 Tegowanu Kulon berjumlah 25 siswa dengan menggunakan teknik sampling yaitu Nonprobability Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-t, yang sebelumnya di uji normalitas awal dan akhir. Dari hasil penelitian rata-rata nilai hasil belajar pretest sebesar 54 dan rata-rata nilai hasil posttest sebesar 82. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh rata-rata hasil belajar pretest dan posttest kemudian dianalisis akhir menggunakan uji-t diketahui N= 25 didapatkan nilai thitung sebesar 11,490 dan db= 25 + 25-1 maka diperoleh 49 dengan taraf signifikansi 5% didapatkan ttabel sebesar 2,010. thitung sebesar 11,490 dan ttabel sebesar 2,010. Maka nilai thitung > ttabel (11,490 > 2,010), sehigga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka ada perbedaan hasil belajar matematika kelas II SD Negeri 1 Tegowanu Kulon antara sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Snowball Throwing berbantu media BAPER. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing berbantu media BAPER berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian kelas II SD Negeri 1 Tegowanu Kulon. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah agar model pembelajaran Snowball Throwing berbantu media BAPER dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar. Kata Kunci : Snowball Throwing, Media BAPER, Perkalian, Hasil Belajar 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang