Abstract :
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Jumlah populasi 259 orang dan
sampel 72 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket.
Uji instrumen ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas data. Uji asumsi
klasik meliputi uji normalitas, Multikolinearitas, heteroskedastisitas dan linearitas.
Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi.
Hasil penelitian pengaruh variabel inovasi terhadap minat berwirausaha
ditunjukkan dengan nilai t hitung untuk sebesar 7.301 > t-tabel 2.004, dan
signifikansi 0.00 < 0.05 maka H1 diterima bahwa inovasi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Pengaruh variabel motivasi
terhadap minat berwirausaha ditunjukkan dengan nilai t hitung untuk sebesar
8.138 > t-tabel 2.004, dan signifikansi 0.00 < 0.05 maka H2 diterima bahwa
motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha
mahasiswa. Pengaruh variabel kepribadian terhadap minat berwirausaha
ditunjukkan dengan nilai t hitung untuk sebesar 8.046 > t-tabel 2.004, dan
signifikansi 0.00 < 0.05 maka H3 diterima dengan demikian kepribadian
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa.
Pengaruh variabel Pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha
ditunjukkan dengan nilai t hitung untuk sebesar 9.469 > t-tabel 2.004, dan
signifikansi 0.00 < 0.05 maka H4 diterima bahwa Pendidikan kewirausahaan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa
Pengaruh variabel inovasi secara parsial yaitu sebesar 6,02%, motivasi
7,59%, kepribadian 13,5%, pendidikan kewirausahaan 38,87%. Sedangkan
pengaruh variabel inovasi, motivasi, kepribadian, pendidikan kewirausahaan
secara simultan terhadap minat berwirausaha mahasiswa sebesar 66% sedangkan
sisanya 34% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian. Saran bagi Mahasiswa
meningkatkan minat berwirausaha pada mahasiswa antara lain mengikuti
pelatihan kewirausahaan dan seminar, melakukan penelitian dan mengembangkan
ide bisnis yang inovatif
Kata Kunci: inovasi, motivasi, kepribadian, pendidikan kewirausahaan, minat
berwirausaha