DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA SMA NEGERI 2 KENDAL
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
DEVI, ISMALIA NADIYA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 06:44:40 
Abstract :
Ismalia Nadiya Devi. NPM 18110070. ?Hubungan Self Efficacy dengan Perilaku Menyontek Pada Siswa SMA Negeri 2 Kendal?. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dra. Tri Suyati, M.Pd., M.A. Primaningrum Dian. S.Psi., M.Psi. Psi. 2023. Penelitian hubungan Self efficacy dengan perilaku menyontek pada siswa dilatarbelakangi oleh bahwa siswa sering menyontek pada saat sedang ulangan ataupun ujian berlangsung. Banyak cara yang digunakan peserta didik untuk menyontek diantaranya mencari jawaban di internet, bertanya dengan teman dan ada juga yang membuka catatan kecil. Alasan peserta didik menyontek adalah karena materi yang kurang dipahami, tidak yakin dengan jawaban sendiri sehingga bertanya dengan teman, takut mendapatkan hasil yang kurang maksimal dan belajar dengan sistem kebut semalam atau bahkan belum belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian ex post facto dengan pendekatan korelasional. Populasi yang dipakai dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Kendal kelas XI. Yang digunakan sebagai try out yaitu kelas XI IPS 3. Sedangkan sampel penelitian di kelas XI MIPA 1, XI MIPA 3, XI MIPA 4, XI IPS 1 XI IPS 2 dan XI IPS 6. Sampling yang digunakan adalah Teknik cluster random sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui skala self efficacy siswa dan skala perilaku menyontek siswa. Hasil analisis korelasi antara self efficacy dengan perilaku menyontek siswa ialah hubungan self efficacy dengan perilaku menyontek siswa sebesar 0,729 berada pada hubungan yang kuat sehingga dapay diambil kesimpulan bahwa Self Efficacy dengan perilaku menyontek memiliki hubungan yang kuat. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah mengurangi perilaku menyontek siswa dan guru BK memberikan treatment atau tindakan. Untuk dapat meningkatkan self efficacy siswa. Kata Kunci: Self efficacy, Perilaku Menyontek 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang