DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN ABAD 21 SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA FILIAL NEGERI 20 SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Nugroho, Hanung Adi Setiyo
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 06:46:39 
Abstract :
Hanung Adi Setiyo Nugroho. NPM 19210054. ?Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Siswa di Sekolah Menegah Pertama Negeri 20 Filial Semarang?. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2019. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Keterampilan abad 21 yang sangat dibutuhkan siswa dalam pengembangan kecakapan abad 21 melalui pembelajaran Profil pelajar Pancasila di sekolah sesuai Permendikbud No. 22 Tahun 2020 mengenai implementasi Profil Pelajar Pancasila. Rumusan Masalah penelitian ini, yaitu: Bagaimana implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Mengembangkan keterampilan keterampilan Abad 21 Siswa di Sekolah Menengah Pertama SMP Filial Negeri 20 Semarang Sedangkan Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pembentukan profil pelajar Pancasila di Sekolah Menengah Pertama Negeri 20 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan Fokus penelitian adalah ?Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Mengembangkan Keterampilan Siswa di Sekolah Menengah Pertama Filial Negeri 20 Semarang?. Penelitian Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan kesimpulan. Hasil Penelitian yang diperoleh yaitu, sebagai berikut: implementasi Profil pelajar Pancasila dalam mengembangkan keterampilan abad 21 di Sekolah Menengah Pertama Filial Negeri 20 Semarang sudah terlaksana dengan baik, dengan menunjukkan bahwa Penerapan Profil pelajar Pancasila telah mengembangkan keterampilan siswa abad 21 yakni keterampilan berpikir kritis (critical thingking skills) keterampilan berpikir kreatif (creative thingking skills) keterampilan berkomunikasi (communication skill) dan keterampilan kolaborasi (collaboration skills) sehingga siswa mampu menemukan ide, gagasan, dan menghasilkan karya baru. Dengan demikian Profil Pelajar Pancasila dapat mewujudkan Keterampilan abad 21 Siswa. Kata Kunci: Profil Pelajar Pancasila, Keterampilan Siswa, Keterampilan Abad 21. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang