DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN “GO-PONG” UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN TENIS MEJA DI SMPN 1 JUWANA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Asyhar, Ariful
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 06:49:22 
Abstract :
Latar belakang didasari belum maksimalnya pembelajaran pjok materi tenis meja di SMPN 1 Juwana. Tujuan dari peneltian ini untuk mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran?go-pong? untuk meningkatkan aspek kognitif siswa pada mata pelajaran tenis meja di SMPN 1 Juwana. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimenal design. Populasi siswa kelas VIII SMPN 1 Juwana yang berjumlah 289 siswa dan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel 58 siswa. Instrumen tes menggunakan angket soal kognitif. Hasil dari uji normalitas pretest kelas kontrol 0,144 dan kelas eksperimen 0,150 berdistribusi normal dengan nilai t tabel 0,162 sedangkan uji normalitas postest kelas kontrol 0,150 dan kelas eksperimen 0,156 berdistribusi normal dengan nilai t tabel 0,162. Selain itu uji homogenitas kedua kelompok memiliki varian yang sama (homogen) Simpulan hasil nilai mean pretest postest mengalami peningkatan dan penggunaan media pembelajaran?go-pong? untuk meningkatkan aspek kognitif siswa pada mata pelajaran tenis meja di SMPN 1 Juwana efektif. Saran bagi guru dan pihak sekolah dapat menjadikan aplikasi ini sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar tenis meja dan bagi siswa untuk meningkatkan nilai kognitif materi tenis meja. Kata kunci : Kognitif, Media Go-Pong, Pembelajaran Tenis Meja. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang