DETAIL DOCUMENT
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBdP) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KERJASAMA DAN KREATIF DI SD NEGERI 01 TEGALWERO
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Perwitasari, Hesti
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 06:54:44 
Abstract :
HESTI PERWITASARI. NPM 16120151. ?Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) dalam Pembentukan Karakter Kerjasama dan Kreatif di SD Negeri 01 Tegalwero?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Filia Prima A., S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing II Rofian, S.Pd., M.Pd., Agustus, 2023. Kerjasama adalah aktivitas yang dikerjakan bersama demi memperoleh manfaat yang juga bisa dirasakan bersama. Pembelajaran dengan kerjasama dan kreatif akan memberikan landasan bagaimana siswa dapat sukses belajar bersama orang lain. Salah satu strategi implementasi karakter kerjasama dan kreatif adalah melalui integrasi dengan mata pelajaran SBDP. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu pembelajaran SBdP dapat membentuk karakter kerjasama dan kreatif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran SBdP dalam membentuk karakter kerjasama dan kreatif siswa di SD Negeri 01 Tegalwero; (2) mendeskripsikan bentuk karakter kerjasama dan kreatif siswa dalam pembelajaran SBdP di SD Negeri 01 Tegalwero. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan lokasi SD Negeri 01 Tegalwero. Sampel dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa kelas III SD Negeri 01 Tegalwero. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran SBdP di SD Negeri 01 Tegalwero berada dalam kategori baik. Pembelajaran SBdP dilaksanakan dengan tahapan pembelajaran yang meliputi kegiatan pra, awal, inti, dan akhir pembelajaran serta didukung komponen pembelajaran yang meliputi tujuan, materi, metode, dan media. Bentuk karakter kerjasama dan kreatif siswa dalam pembelajaran SBdP berada dalam kategori sangat baik. Dalam pembelajaran SBdP, guru melakukan pembiasaan sikap-sikap positif yang mencerminkan karakter kerjasama dan kreatif. Siswa saling menghargai hasil karya yang ditampilkan, siswa menampilkan hasil karya sesuai giliran, siswa dapat berbagi tugas sesuai tanggung jawab, siswa mau berpartisipasi dalam menyelesaikan tugas, siswa saling berupaya mencapai keberhasilan bersama, dan saling berupaya untuk menghindari terjadinya konflik. Simpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran SBdP dapat membentuk karakter kerjasama dan kreatif siswa. Saran dalam penelitian ini yaitu: (1) kepala sekolah mendukung pelaksanaan pembelajaran SBdP dengan menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap dan layak digunakan; (2) guru melaksanakan pembelajaran SBdP yang lebih bervariasi dan menyenangkan; (3) siswa dapat bekerjasama dan kreatif dengan baik dalam pembelajaran SBdP. Kata kunci: Pembelajaran SBdP, karakter kerjasama, kreatif 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang