DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS III SDN KETAWANG 2 KABUPATEN MAGELANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
PUTRI, ISROVIANA ARDANI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 06:57:33 
Abstract :
ISROVIANA ARDANI PUTRI, NPM 19120351. ?Hubungan Motivasi Belajar Matematika dan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas III SDN Ketawang 2 Kabupaten Magelang?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen pembimbing I, Dr. Kartinah, S.Si.,M.Pd. Dosen Pembimbing II, Sunan Baedowi, S.H.I., M.S.I. Latar belakang dalam penelitian diketahui berdasarkan observasi, wawancara yaitu sebagian siswa kurang terampil dalam operasi hitung bilangan, sehingga mengalami kesulitan dalam menghitung, anggapan siswa bahwa matematika adalah pelajaran sulit, dan kurangnya semangat siswa dalam belajar matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi belajar matematika pada siswa kelas III SDN Ketawang 2, bagaimana kemampuan numerasi pada siswa Kelas III SDN Ketawang 2, dan apakah ada hubungan antara motivasi belajar matematika dan kemampuan numerasi siswa kelas III SDN Ketawang 2 Kabupaten Magelang. Tujuan dari peneitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar matematika pada siswa kelas III SDN Ketawang 2 Kabupaten Magelang, untuk mengetahui kemampuan numerasi pada siswa kelas III SDN Ketawang 2 Kabupaten Magelang, dan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar matematika dan kemampuan numerasi siswa kelas III di SDN Ketawang 2 Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas III SDN Ketawang 02. Sampel yang diambil adalah siswa kelas III SDN Ketawang 02 dengan mengunakan teknik sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, setelah melakukan pengamatan menunjukkan bahwa motivasi belajar matematika pada siswa kelas III SD Negeri Ketawang 2 berada pada kategori sedang. Kemampuan numerasi siswa berada pada predikat B (baik). Dan ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar matematika dan kemampuan numerasi siswa kelas III SDN Ketawang 2. Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya para siswa selalu memiliki motivasi belajar pada semua mata pelajaran khususnya matematika serta guru dan orang tua serta sekolah hendaknya senantiasa membantu siswa dengan memberikan motivasi belajar ekstrinsik untuk membantu meningkatkan prestasi belajar. Kata kunci : Motivasi Belajar Matematika, Kemampuan Numerasi, Sekolah Dasar 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang