DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA POLIS (POHON LITERASI) PADA TEMA 6 MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN SUBTEMA 1 HEWAN DI SEKITARKU SISWA KELAS II SDN SERUTSADANG KECAMATAN WINONG KABUPATEN PATI
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Ningsih, Heti Puspita
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 06:57:25 
Abstract :
HETI PUSPITA NINGSIH, NPM 19120391. ?Pengembangan Media POLIS (Pohon Literasi) Pada Tema 6 Merawat Hewan Dan Tumbuhan Subtema 1 Hewan Di Sekitarku Siswa Kelas II SDN Serutsadang Kecamatan Winong Kabupaten Pati?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2023 Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah siswa belum terlihat memanfaatkan sumber belajar dan sarana belajar seperti buku dan pelajaran dengan optimal, siswa lebih senang bermain hp dari pada membaca buku. Upaya untuk memecahkan permasalahan tersebut adalah pengembangan media POLIS (Pohon Literasi) pada tema 6 merawat hewan dan tumbuhan subtema 1 hewan di sekitarku kelas II. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kevalidan dan kepraktisan pengembangan media POLIS (Pohon Literasi) pada tema 6 merawat hewan dan tumbuhan subtema 1 hewan di sekitarku praktis digunakan untuk siswa kelas II SDN Serutsadang Kecamatan Winong Kabupaten Pati?. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepraktisan media POLIS (Pohon Literasi) pada tema 6 merawat hewan dan tumbuhan subtema 1 hewan di sekitarku siswa kelas II SDN Serutsadang Kecamatan Winong Kabupaten Pati tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian pengembangan (R&D) Peneliti hanya menggunakan sampai tahap uji kepraktisan media POLIS (Pohon Literasi) yaitu (research and information collecting), tahap planning menyusun rencana penelitian, peneliti menggunakan media POLIS (Pohon Literasi). Tahap ketiga yaitu (develop preliminary form of product) pengembangan bahan pembelajaran Produk media pembelajaran pohon literasi (POLIS). Tahap keempat yaitu (preliminary field testing). Tahap terakhir yaitu revisi produk. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh hasil rata-rata penilaian yang diperoleh dari ahli model 100%, 98,9%, dan 98,9% dengan kategori ?sangat layak?. Dan hasil rata-rata penilaian yang diperoleh dari ahli materi yaitu 1oo%, 98,6%, dan 98,6% dengan kategori ?sangat layak?. Hasil angket tanggapan guru memperoleh 98,6% dengan kategori ?sangat layak?. Hasil dari respon siswa memperoleh 85,22% dengan kategori ?sangat layak?. Dan lember observasi memperoleh hasil 89% dengan kategori ?sangat layak? berdasarkan hasil tersebut, dapat diketahui bahwa media POLIS (Pohon Literasi) untuk mengembangkan literasi bagi peserta didik praktis di gunakan untuk kelas II SDN Serutsadang. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang