DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA KELAS V SDN 2 TUBANAN JEPARA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
MARDIANA, ARNI KRISTYA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 06:59:16 
Abstract :
Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah Kurangnya media pembelajaran yang dignakan pada proes pembelajaran, kurangnya fasilitas yang tepat untuk mendukung proses pembelajaran agar dapat menunjang hasil belajar peserta didik di sekolah. Tidak hanya itu, kurangnya antusias peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila, khususnya pada materi nilai-nilai Pancasila, serta perlunya inovasi media pembelajaran untuk membantu peserta didik dalam memahami materi tanpa merasakan bosan saat proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (RnD) dengan berdasarkan langkah-langkah penelitian menurut Borg and Gall. Penelitian dilakukan kepada peserta didik kelas V SDN 2 Tubanan Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara ajaran 2022/2023 dengan jumlah 24 siswa dengan teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, serta dokumentasi. Berdasarkan presentase validasi ahli media I dengan hasil sebesar 96,2%, validasi ahli media II dengan hasil sebesar 98,7%, validasi ahli materi I dengan hasil sebesar 88,2%, validasi ahli materi II dengan hasil sebesar 93,6%, validasi ahli materi II dengan hasil sebesar 97,9%, validasi ahli materi II dengan hasil sebesar 95,8%, analisis presentase respon peserta didik sebesar 85,31%, dan analisis presentase respon guru kelas V sebesar 92,5%. Bahan ajar digital memudahkan peserta didik dalam pemahaman materi, membuat penyampaian materi lebih terkesan menarik dan membantu pengkondisian kelas pada saat proses pembelajran berlangsung. Hal tersebut sejalan dengan yang disampaikan oleh Sanjaya (2013: 132) bahwa pembelajaran berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkunganya. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar digital yang dikembangkan pada penelitian ini mengacu pada penelitian dan pengembangan oleh Borg and Gall yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan, kemudian bahan ajar digital layak digunakan dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila pada materi nilai-nilai Pancasila. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya pemahaman serta semangat peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila, pada materi nilai-nilai Pancasila. Saran yang dapat disampaikan adalah agar bahan ajar digital dapat digunakan dan diterapkan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat menunjang proses pembelajaran 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang