DETAIL DOCUMENT
PENGGUNAAN CONFIRMATORY FACTOR ANALYSIS (CFA) UNTUK MENGIDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MATHEMATICS ANXIETY PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Khildatussifa, Hilma
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 07:00:50 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur dan hasil identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi mathematics anxiety siswa sekolah menengah pertama dengan menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA), juga menambah wawasan khazanah penelitian dengan penggunaan CFA dalam dunia pendidikan yang masih jarang sekali digunakan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan survey, observasi, atau wawancara. Sampel data dalam penelitian ini lebih objektif dan terstruktur yang dapat berupa grafik, tabel atau matriks, laporan dan angka yang dapat diukur nilainya. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Confirmatory Factor Analysis (CFA) dapat digunakan sebagai model pengukuran untuk mengidentifikasi mathematics anxiety. Adapun faktor dan indikator yang mempengaruhi mathematics anxiety pada siswa yaitu ; a) Math knowledge yang memuat indikator kepercayaan diri siswa, rasa kebingungan pada siswa, tingkat konsentrasi siswa, b) Psikologis yang memuat indikator berupa rasa kegelisahan siswa, rasa kegugupan siswa, dan tingkat ketakutan siswa, c) Fisiologis siswa yang meeliputi menolak mengerjakan soal matematika, dan menghindari pembelajaran, d) Lingkungan yang memuat indikator dukungan orangtua dan karakteristik guru, itulah faktor-faktor yang dapat digunakan sebagai alat untuk mengidentifikasi mathematics anxiety pada siswa sekolah menengah pertama. Kata Kunci : Confirmatory Factor Analysis, Mathematics Anxiety, Sekolah Menengah Pertama 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang