DETAIL DOCUMENT
LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI DALAM MENGEMBANGKAN REGULASI DIRI BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PEMALANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
FRANSISKA, ITA AYU
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 07:02:52 
Abstract :
Ita Ayu Fransiska. 18110132. ?Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi dalam Mengembangkan Regulasi diri Belajar pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Pemalang?. Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dr. Arri Handayani, S. Psi., M. Si, Dr. G. Rohastono Ajie, M.Pd. Desember. 2022. Penelitian ini dilatar belakangi terdapat siswa yang kurang aktif ketika pembelajaran berlangsung, terdapat siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM, terdapat siswa yang tidak dapat menyelesaikan tugas dalam belajar, kurangnya informasi yang diperoleh siswa mengenai pentingnya meregulasi diri karena tidak adanya jam pelajaran BK membuat guru BK kesulitan dalam memberikan informasi, Masalah pokok yang dikaji adalah Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi dalam Mengembangkan Regulasi diri Belajar pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Pemalang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok teknik diskusi alam mengembangkan regulasi diri belajari siswa kelas X SMA Negeri 2 Pemalang. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimental dengan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 2 Pemalang yang berjumlah 108 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling purposive. Analisis yang digunakan untuk menguji validitas adalah product moment dan reliabilitas menggunakan rumus alpha. Kesimpulan akhir berdasarkan penghitungan Uji-t diperoleh thitung sebesar 11,072 sementara ttabel dengan db(n1 + n2) ? 2 = (12+12)-2=22 dan taraf signifikan 5% (0,05) sebesar 1,73 (lihat tabel t). Karena thitung>ttabel yakni 11,072>1,73 jadi dapat diartikan lebih besar maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan regulasi diri belajar pada kelompok eksperimen setelah diberi treatment selama enam kali menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. Maka dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dapat mengembangkan regulasi diri belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Pemalang. Maka hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi ?layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dapat mengembangkan regulasi diri belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Pemalang? diterima dengan taraf signifikan 0,05.. Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru pembimbing di sekolah memberikan layanan lanjutan berkenaan dengan regulasi diri belajar. Kata kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Regulasi diri Belajar. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang