DETAIL DOCUMENT
PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SMA LAB SCHOOL UNIVERSITAS PGRI SEMARANG 2021
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
WIDYANTARA, IVAN HAFIZ
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 07:06:03 
Abstract :
Ivan Hafiz Widyantara ?Problematika Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 pada Pembelajaran Bahasa Jawa di SMA Lab School Universitas PGRI Semarang Tahun 2021?.Skripsi.Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Alfiah, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Bambang Sulanjari, S.S., M.A. Desember 2020 Kata Kunci: problematika, pembelajaran daring, upaya belajar daring Penelitian ini memiliki tujuan untuk meneliti problematika apa saja yang ada pada pembelajaran Bahasa Jawa di masa Pandemi Covid-19 tahun 2021 di kelas X, XI dan XII SMA Lab School Semarang. Tentu saja di masa Pandemi Covid-19 sangat berpengaruh pada semua kegiatan pembelajaran. Karena yang diteliti adalah Pembelajaran Bahasa Jawa, maka penelitian hanya difokuskan pada pembelajaran Bahasa Jawa saja. Di masa Pandemi Covid-19 semua pihak melaksanakan pembelajaran Dalam Jaringan (Daring). Kendala dari pembelajaran daring adalah membuat para siswa mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran, sedangkan guru sendiri juga mengalami kesulitan dalam menyampaikan maateri, maupun dalam mengatur siswa agar tetap mengikuti pembelajaran Bahasa Jawa dengan baik. Pendekatan penelitian yang dilakukan ini termasuk dalam penelitian kualitatif dan kuantitatif deskriptif yaitu menguraikan data yang diperoleh secara singkat dan tentunya menggunakan berbagai instrumen penelitian untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Intrumen atau metode yang digunakan diantaranya observasi kegiatan belajar mengajar di kelas, angket berupa google form yang dibagikan pada kelas sampel, dan wawancara kepada guru mata pelajaran Bahasa Jawa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan diuraikan secara rinci, untuk mengetahui problematika apa saja yang dialami pada pembelajaran daring Bahasa Jawa. Jika semua data dari observasi, angket melalui google form dan wawancara sudah dianalisis maka penelitian ini ditemukan beberapa hasil dari penelitian, hasil penelitian tersebut diantaranya: 1) Pada setiap kelas sampel X IPS 1, XI MIPA 1 dan XII IPS mayoritas lebih memilih pembelajaran tatap muka dibandingkan daring; 2) Para siswa terkendala sinyal, kuota internet, mulai bosan dan terkadang sampai ketiduran saat mengikuti pembelajaran daring bahasa Jawa; 3) Kurangnya partisipasi dari siswa; 4) Pendapat dari guru Bahasa Jawa bahwa media yang digunakan kurang efektif karena yang digunakan selalu WA dan Zoom. Untuk mengatasi hal tersebut seharusnya guru menggunakan berbagai media daring, misal kuis interkatif,video, file dokumen dan lain- lain, sebagai selingan yang bertujuan agar siswa lebih berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Jawa. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang