Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-book Interaktif yang dapat
digunakan sebagai media alternatif oleh guru dan peserta didik. Penelitian ini
termasuk ke dalam metode penelitian dan pengembangan dengan menggunakan
model pengembangan Researchand Development (R&D) Borg and Gall. Tahapan
pada penelitian ini meliputi : Define, Design, dan Disseminate. Data penelitian ini
diperoleh melalui validasi oleh dua ahli media dan ahli materi, yang kemudian
diujicobakan kepada 20 peserta didik kelas X PSPT serta guru di SMA N 1
Bukateja. Penilaian media mencakup desain media dan desain visual yang
menunjukkan persentase 94% dengan kategori sangat layak. Penilaian oleh ahli
materi menunjukkan persentase 93% dengan kategori sangat layak. Penilaian oleh
peserta didik menunjukkan persentase 84%. Berdasarkan pada uji validitas,
E-book layak digunakan sebagai media pembelajaran oleh siswa.
Kata kunci : E-book, Media Pembelajaran, E-book Interaktif