DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS V SDN 2 KEPOH KECAMATAN JATI KABUPATEN BLORA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Putriana, Hanifa Nurul
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-04 03:43:19 
Abstract :
Hanifa Nurul Putriana ?Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika kelas V SDN 2 Kepoh Kecamaran Jati Kabupaten Blora?. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta dilapangan yang menunjukan masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa, khususnya siswa Sekolah Dasar kelas V SD Negeri 2 Kepoh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) denfan siswa yang tidak mengikuti pelajaran dengan model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Metode penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif, dengan pendekatan eksperimen. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa hasil uji N-Gain pada kelas eksperimen rata-rata nilai yang diperoleh siswa sebelum mendapatkan perlakuan aialah 24,6, dan setelah mendapatkan perlakuan, rata-rata yang diperoleh siswa ialah 78,1. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata yang diperoleh siswa ialah 23,5 dan hasil posttest rata-rata yang diperoleh siswa ialah 41,3. Simpulan pada penelitian ini adalah terdapat perbedaan antara nilai rata ? rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih baik daripada nilai rata ? rata kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang