Abstract :
Hanifa Nurul Putriana ?Pengaruh Penerapan Model Problem Based
Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
kelas V SDN 2 Kepoh Kecamaran Jati Kabupaten Blora?. Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. 2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta dilapangan yang
menunjukan masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa, khususnya
siswa Sekolah Dasar kelas V SD Negeri 2 Kepoh. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis
antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based
Learning (PBL) denfan siswa yang tidak mengikuti pelajaran dengan model PBL
terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.
Metode penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif, dengan pendekatan
eksperimen.
Hasil penelitian ini diperoleh bahwa hasil uji N-Gain pada kelas
eksperimen rata-rata nilai yang diperoleh siswa sebelum mendapatkan perlakuan
aialah 24,6, dan setelah mendapatkan perlakuan, rata-rata yang diperoleh siswa
ialah 78,1. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata yang diperoleh siswa ialah 23,5
dan hasil posttest rata-rata yang diperoleh siswa ialah 41,3.
Simpulan pada penelitian ini adalah terdapat perbedaan antara nilai rata ?
rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen dengan menggunakan
model pembelajaran problem based learning lebih baik daripada nilai rata ? rata
kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol menggunakan model pembelajaran
konvensional.