DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERTIPE HIGHER ORDER THINKING SKILLS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN GAYA KOGNITIF
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Wicaksono, Welly
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-03 06:14:38 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal bertipe HOTS ditinjau dari gaya belajar dan gaya kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case studies). Subjek penelitian adalah 6 siswa dari XII MIPA 3 SMA Negeri 2 Brebes. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan hasil pengisian angket gaya belajar siswa menggunakan instrumen angket gaya belajar dan hasil tes gaya kognitif menggunakan instrumen Matching Familiar Figures Test (MFFT). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan wawancara yang selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan gaya belajar visual dan gaya kognitif reflektif memenuhi empat indikator kemampuan penalaran matematis; (2) Siswa dengan gaya belajar visual dan gaya kognitif impulsif memenuhi tiga indikator indikator kemampuan penalaran matematis; (3) Siswa dengan gaya belajar auditori dan gaya kognitif reflektif memenuhi empat indikator kemampuan penalaran matematis; (4) Siswa dengan gaya belajar auditori dan gaya kognitif impulsif memenuhi tiga indikator kemampuan penalaran matematis; (5) Siswa dengan gaya belajar kinestetik dan gaya kognitif reflektif memenuhi enam indikator kemampuan penalaran; (6) Siswa dengan gaya belajar kinestetik dan gaya kognitif impulsif memenuhi lima indikator kemampuan penalaran matematis. Kata Kunci: kemampuan penalaran matematis, soal HOTS, gaya belajar, gaya kognitif 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang