DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PJOK PADA MASA PERALIHAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) KE PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) DI SMP DAN MTS SE KECAMATAN SINGOROJO KABUPATEN KENDAL
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Nugroho, Imam Agus
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 07:21:19 
Abstract :
Imam Agus Nugroho ?Implementasi Pembelajaran PJOK Pada Masa Peralihan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ke Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SMP dan MTs se Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal?, Progam Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perubahan implementasi pembelajaran PJOK pada masa peralihan dari Pembelajaran Jarak Jauh ke pembelajaran Tatap Muka saat mewawancarai 3 guru PJOK di Kecamatan Singorojo. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran PJOK pada masa peralihan pembelajaran jarak jauh (PJJ) ke pembelajaran tatap muka (PTM) di SMP dan MTs se Kecamatan Singorojo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei, sedangkan pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 11 guru mata pelajaran PJOK SMP dan MTs se Kecamatan Singorojo dengan menggunakan teknik total sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh guru mata pelajaran PJOK SMP dan MTs se Kecamatan Singorojo. Instrumen dalam penelitian ini berupa kuesioner yang berisi 33 pertanyaan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan data presentase. Hasil penelitian implementasi pembelajaran PJOK pada masa peralihan dari pembelajaran jarak jauh ke pembelajaran tatap muka di SMP dan MTs se Kecamatan Singorojo dengan diukur menggunakan angket yang terdiri dari 33 butir pernyataan dan diisi oleh 11 responden. Hasil statistik data penelitian yang diperoleh yaitu mean 115.73, median 119, modus 109, skor maksimum 126, skor minimum 107, dan standard deviasi 7.086 Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran PJOK pada masa peralihan dari pembelajaran jarak jauh ke pembelajaran tatap muka di SMP dan MTs se Kecamatan Singorojo diperoleh kategori sangat baik 10 orang dengan persentasi 90.9%, kategori baik 1 orang dengan persentase 9.1%, kategori kurang baik 0 orang dengan persentase 0%, dan kategori tidak baik 0 orang dengan persentase 0%. Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran PJOK, Masa Peralihan. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang