DETAIL DOCUMENT
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL DI SMP N 37 SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
ARSITA, JESIKA NINDI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 07:21:49 
Abstract :
JESIKA NINDI ARSITA. NPM 19110082. ?Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Komunikasi Interpersonal Di SMP N 37 Semarang?. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universias PGRI Semarang. Pembimbing I Siti Fitriana, S.Pd, M.Pd, Kons. dan Pembimbing II Dr.Chr.Argo Widiharto,S.Psi.,M.Si. 2023. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil wawancara dan observasi kepada guru bk, wali kelas, ketua kelas. Banyaknya siswa yang mengalami permasalahan komunikasi interpersonal yang ditandai dengan ditandai dengan banyaknya siswa tidak adanya respon di Whatsapp, tidak memiliki rasa empati dan simpati, tidak saling mendukung antar teman tetapi saling menjatuhkan, saling canggung, dan menjadi pasif di kelas sehingga susah untuk terbuka juga, bermain media sosial ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung dikelas dan ketika diajak bicara guru siswa cenderung cuek dan tidak peduli. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap komunikasi interpersonal di SMP N 37 Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitaif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre experimental design dengan desain penelitian one group pretest-postest. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII E SMP N 37 Semarang. Sampel yang diambil 10 siswa dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui skala psikologis. Uji Paired Sample T test menunjukkan angka yang disignifikan anara nilai pre test dan pos test dengan nilai signifikan (2-tailed) p= 0,000 < 0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti ?ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap komunikasi interpersonal di SMP N 37 Semarang?. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan yaitu layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat digunakan guru BK untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Sosiodrama, Komunikasi Interpersonal 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang