DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENDEKATAN STEAM DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SD N WOTBAKAH
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
PRASETYO, JOLANG
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 07:25:09 
Abstract :
JOLANG PRASETYO NPM 18120157. ?Analisis Pendekatan STEAM Dalam Pembelajaran Tematik di Kelas III SD N Wotbakah?. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang.Dosen Pembimbing I: Qoriati Mushafanah, S. Pd., M.Pd. Dosen pembimbing II Henry Januar Saputra, S.Pd., M.Pd. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah peneliti ingin menganalisis proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan STEAM yang di terapkan di SD N Wotbakah dan mencari tahu faktor-faktor yang terjadi dalam pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM dalam pembelajaran tematik di SD SD N Wotbakah, 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam proses pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM dalam pembelajaran tematik di SD SD N Wotbakah. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, kepala sekolah dan guru kelas IV, angket siswa kelas IV dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dapat di simpulkan adalah Pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM yang di terapkan pada kelas III SD N Wotbakah tidak dilakukan pada semua pembelajaran akan tetapi guru memilih materi yang dapat di terapkan menggunakan pendekatan STEAM. Dalam penerapan pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM siswa di tuntut untuk aktif dikarenakan pembelajaran berpusat pada siswa. Pembelajaran STEAM Science pembelajaran sambal praktik/ pengamatan langsung dengan benda konkrit, Technology siswa belajar dengan menggunakan tablet, Engineering guru memberikan Teknik untuk menyelesaikan permasalahan dalam belajar, art pembelajaran seni siswa dapat membuat karya seni, Mathematics siswa tidak hanya beljar angka tetapi belajar untuk berfikir kritis. Faktor pendukung: sarana prasarana yang cukup memadai, lingkungan sekolah yang nyaman serta dukungan dari kepala sekolah serta guru yang lain dalam membantu pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM. Faktor penghambat: keterbatasannya jumlah tablet, kurangnya sosialisasi mengenai pembelajaran berbasis STEAM, dan jaringan wifi kurangmaksimal. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat di sampaikan adalah ini guru dapat lebih memaksimalkan lagi penggunaan pendekatan STEAM dalam pembelajaran yang dilakukan, peserta didik dapat mempersiapkan diri dan perangkat yang di gunakan, dan sekolah lebih dapat memfasilitasi dan mewadahi sarana prasarana. Kata kunci: Analisis pendekatan STEAM, Pembelajaran Tematik 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang