DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG HEWAN UNTUK MATERI DONGENG KELAS 3 SEKOLAH DASAR DI KOTA SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Nuryadi, Ismed Priyaputra
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 07:29:32 
Abstract :
ISMED PRIYAPUTRA NURYADI NPM 19120115. ?Pengembangan Media Pembelajaran Wayang Hewan untuk Materi Dongeng Kelas 3 Sekolah Dasar di Kota Semarang?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I. Henry Januar Saputra, S.Pd., M.Pd dan pembimbing II Mira Azizah, S.Pd., M,Pd. Berdasarkan hasil angket dan wawancara yang telah dilaksanakan peneliti dengan guru kelas III didapatkan permasalahan yaitu guru kelas 3A dan 3B menyatakan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami pesan pada materi dongeng. Guru kelas 3A tidak menggunakan media sama sekali hanya mendongeng secara lisan untuk menyampaikan materi tentang memahami amanat dalam dongeng. Sedangkan guru kelas 3B hanya menggunakan LCD untuk menayangkan video tentang dongeng untuk menyampaikan materi tentang memahami amanat dalam dongeng. Penayangan video terdapat kelemahan yaitu hanya digunakan komunikasi satu arah. Jika mendongeng secara lisan kurang menarik perhatian siswa, sehingga siswa tidak memahami isi dongeng. Permasalahan di atas dibutuhkan media yang tepat untuk pembelajaran dongeng, karena SD Negeri Kemijen 03 Kota Semarang belum menyediakan media pembelajaran. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran wayang hewan dalam materi dongeng untuk siswa kelas III. (2) Untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran wayang hewan dalam materi dongeng untuk siswa kelas III. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (Reseach and Development) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kelayakan produk yang dikembangkan. Pengembangan media wayang hewan berbasis pertunjukan edukasi ini hanya sampai mengetahui kepraktisan media pembelajaran wayang hewan. Penelitian dan pengembangan media ini dilaksankan di SDN Kemijen 03. Hasil dari evaluasi yang sudah didapat dari hasil angket guru berupa skala likert bentuk checklist menyatakan bahwa media wayang hewan sudah layak digunakan untuk menjawab kebutuhan siswa dan media wayang hewan sudah bisa digunakan sebagai pendamping buku siswa tema 2 (Menyayangi tumbuhan dan hewan). Validasi ahli media memperoleh hasil validasi 98% sedangkan hasil validasi ahli materi memperoleh hasil validasi 98%. Simpulannya, pengembangan media pembelajaran wayang hewan termasuk dalam kategori ?sangat baik? dan memenuhi kriteria layak. Berdasarkan hasil uji coba lapangan dengan menggunakan angket kepraktisan guru kelas 3A diperoleh 100% sedangkan guru kelas 3B memperoleh 100% dan berdasarkan angket tanggapan siswa kelas 3A dan 3B memperoleh 100%. Simpulannya, pengembangan media pembelajaran wayang hewan termasuk dalam kategori ?sangat baik? dan dapat digunakan oleh guru sebagai media pembelajaran di dalam kelas untuk memahami amanat dalam kelas. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang