Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi
matematis materi relasi dan fungsi pada siswa dengan self efficacy tinggi, sedang,
dan rendah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik
pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara purposive
sampling atau dapat diartikan sebagai pemilihan sampel disesuaikan dengan
tujuan tertentu. Subjek utama penelitian ini adalah 3 siswa pada masing-masing
kategori self-efficacy, yaitu: self-efficacy tinggi, self-efficacy sedang, dan self?efficacy rendah. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
(1) subjek dengan self-efficacy tinggi memiliki kemampuan komunikasi
matematis yang tinggi dikarenakan secara umum sudah memenuhi ketiga aspek
indikator komunikasi matematis yaitu: written text, drawing dan mathematical
expression,(2) subjek dengan self-efficacy sedang memiliki kemampuan
komunikasi matematis yang sedang dikarenakan hanya cukup memenuhi 2 aspek
yaitu drawing dan mathematical expression,(3) subjek dengan self efficacy rendah
memiliki kemampuan komunikasi matematis yang rendah dikarenakan secara
umum belum memenuhi ketiga aspek komunikasi matematis.
Kata Kunci : Komunikasi Matematis; Relasi dan Fungsi ; Self-Efficacy