DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN ASSESSMENT TEST BERBASIS STEM PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM UNTUK SISWA SD FASE B
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Dewi, Jihan Nadhifa
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 07:41:52 
Abstract :
JIHAN NADHIFA DEWI. NPM 19120239. Pengembangan Assessment Test Berbasis STEM Pada Materi Sumber Daya Alam Untuk Siswa SD Fase B. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023. Dosen Pembimbing I Dr. Siti Patonah, M.Pd. dan Dosen Pembimbing II Sukamto, S. Pd., M.Pd. Kegiatan penelitian dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan dengan pendidik, diperoleh informasi bahwa implementasi kurikulum merdeka belum sepenuhnya dilakukan. Guru pada umumnya belum memahami cara mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan semestinya. Kurikulum merdeka memberi kebebasan pada siswa untuk lebih maksimal agar siswa memiliki cukup waktu untuk memahami konsep dan memperkuat potensi yang dimiliki. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangan assessment test berbasis STEM dapat mengukur kemampuan berpikir kritis siswa SD pada fase B? (2) Bagaimana kelayakan assessment test berbasis STEM untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sumber daya alam?. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal berbasis STEM untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sumber daya alam, sebagai asesmen awal untuk siswa SD fase B mata pelajaran IPAS. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, terdiri dari tahap Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluations (evaluasi). Uji coba dilakukan pada siswa SD N Kalicari 02 dan SD N Rejosari 02 dengan jumlah siswa 258 orang yang terdiri dari 126 siswa laki?laki dan 132 siswa perempuan, menggunakan convenience sampling. Teknik analisis validasi dan reliabiltas butir soal menggunakan indeks Aiken dan RASCH Model. Hasil penelitian menunjukkan seluruh butir soal memiliki kategori validitas tinggi untuk indeks Aiken (0.77-0.86). Sedangkan berdasarkan analisis Rasch Model diperoleh nilai measure -0.82-0.69, nilai SE Mean 0.13-0.17, nilai Outfit MNSQ 0.86-1.12, nilai Outfit ZSTD -1.7-1.6 dari semua hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa item butir soal dinyatakan diterima atau valid. Sedangkan pada nilai PT Mean Core memperoleh hasil 0.45-0.62 yang berarti 13 butir soal dinyatakan diterima dan 1 butir soal yang ditolak dengan nilai 0.38. Nilai dari reliabilitas item yakni 0.89 dan nilai reliabilitas person 0.68. Hasil penelitian menyatakan bahwa 14 butir soal yang dikembangkan dapat digunakan sebagai asesmen awal pada mata pelajaran IPAS. Sehingga dapat dijadikan sebagai pengukur keterampilan berpikir kritis siswa SD fase B pada materi sumber daya alam 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang