DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PBL DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
KARTINA, KARTINA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 07:46:05 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Apakah ada perbedaan efek antara model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan PMR dan model konvensional terhadap pemahaman konsep matematis siswa (2) Apakah terdapat perbedaan efek antara tingkat motivasi tinggi, sedang dan rendah terhadap pemahaman konsep matematis (3) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Institut Indonesia Semarang. Teknikpengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling sehingga terpilih kelas VIIC yang diberikan model problem based leraning dengan pendekatan PMR dan kelas VIID yang diberikan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji anava dua arah, dan uji lanjut pasca anava. Pada analisis awal, yang diambil dari nilai ulangan harian siswa menunjukkan bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan berasal dari populasi yang homogen. Pada analisis data akhir, yang diambil dari nilai posttest dan angket motivasi belajar siswa, menunjukkan hasil bahwa pemahaman konsep matematis siswa pada model Problem Based Learning dengan pendekatan PMR lebih baik daripada model model pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dengan pendekatan PMR efektif terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Efektivitas, Problem Based Learning, Pemahaman Konsep Matematis, Motivasi Belajar 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang