DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KONSEP WELL-BEING PADA SISWA MADRASAH ALIYAH (MA) DI KABUPATEN BREBES DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN BIOLOGI
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Awali, Khilwah Nurul
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 07:49:01 
Abstract :
Well-being atau kesejahteraan merupakan perasaan pada tiap individu yang merasakan rasa aman, nyaman, bahagia dengan tingkat stress yang rendah serta kualitas hidup yang baik. Well-being siswa mencakup kesejahteraan yang dirasakan oleh siswa selama di sekolah baik dalam proses pembelajaran maupun kegiatan di sekolah. Penerapan konsep well-being merupakan hal yang sangat penting untuk di terapkan di setiap sekolah karena siswa dengan well-being yang tinggi akan merasakan rasa nyaman dan bahagia sehingga dapat mengikuti proses pembelajaran di sekolah dengan baik dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konsep well-being pada siswa Madrasash Aliyah (MA) dalam mengikuti pembelajaran biologi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa MA Negeri dan Swasta di Kabupaten Brebes khususnya kelas X dengan jumlah 215 siswa. Teknik pengambilan sampel yang diguanakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Dalam penelitian ini menggunakan instrument lembar observasi sekolah, lembar wawancara guru dan lembar angket siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep well-being pada siswa MA di Kabupaten Brebes dalam kategori ?Tinggi?. Penerapan konsep well-being diperoleh sekolah MAN 2 Brebes capaian tertinggi yaitu rata-rata nilai 65 dengan kategori ?Tinggi? dan MA Asy Syafi?iyah Jatibarang memiliki capaian terendah yaitu rata-rata nilai 51 dengan kategori ?Cukup?. Hal ini disebabkan karena perbedaan ketersediaan sarana dan prasana, strategi dan metodde guru dalam pembelajaran, kultur sekolah, kecenderungan terhadap status dan letak geografis sekolah. Kata Kunci: Well-Being, Having, Loving, Being, Health 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang