DETAIL DOCUMENT
ANALISIS NILAI – NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SERIAL FILM ANIMASI “UPIN & IPIN” EPISODE IKHLAS DARI HATI
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
KURDI, KURDI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 08:01:50 
Abstract :
KURDI. NPM 21126011. ?ANALISIS NILAI ? NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SERIAL FILM ANIMASI ?UPIN & IPIN? EPISODE IKHLAS DARI HATI?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Mei Fita Asri, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II Muhammad Arief Budiman, M.M., M.Hum 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah semakin merosotnya karakter yang dimiliki oleh anak ? anak bangsa sekarang. Langkah ? langkah alternatif untuk mengatasi kemrosotan karakter yaitu dengan menggunakan media film. Tayangan televisi adalah salah satu aspek yang mempengaruhi pendidikan karakter. Salah satu animasi film yang dijadikan objek adalah serial film kartun Upin dan Ipin. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah nilai ? nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam serial kartun Upin dan Ipin serta relevansinya dengan pendidikan karakter. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui nilai ? nilai pendidikan karakter dalam serial kartun Upin dan Ipin serta relevansinya dengan pendidikan karakter . Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Sumber data peneltian berasal dari serial film kartun Upin dan Ipin. Data yang digunakan dalam penelitian adalah gambaran adegan dan tindakan yang menggambarkan nilai ? nilai pendidikan karakter pada serial kartun Upin dan Ipin. Data tersebut diperoleh melalui observasi/pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Observasi/pengamatan dilakukan dengan mengamati secara lebih mendalam seluruh gambaran adegan dan tindakan yang dilakukan para tokoh serial film kartun Upin dan Ipin. Kegiatan wawancara dilakukan pada enam narasumber, yaitu lima siswa sekolah dasar kelas IV, dan guru sekolah dasar. Dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan semua berkas yang berhubungan dengan nilai karakter pada serial film kartun Upin dan Ipin. Studi pustaka diperoleh dengan cara mengumpulkan data dari berbagai sumber pustaka diantaranya untuk mengetahui nilai ? nilai pendidikan karakter, peneliti mengumpulkan data dari beberapa buku pendidikan karakter. Hasil penelitian adalah serial film kartun Upin dan Ipin mengandung tujuh nilai karakter, yaitu welas asih, peduli terhadap sesama, sopan santun, kreatif, pantang menyerah, rela berkorban dan solidaritas. Ketujuh nilai karakter tersebut relevansinya dalam serialfilm kartun Upin dan Ipin pada episode ikhlas dari hati. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang dapat disampaikan adalah agar serial film kartun Upin dan Ipin dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mengenalkan dan menanamkan nilai ? nilai pendidikan karakter pada anak. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang